Senin, 06 Maret 2017

BAB III TEKNIK BUDIDAYA TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna Sinensis L.) DI DESA BINAAN BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK

BAB III
METODE PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
3.1    Lokasi
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan akan dilakukan pada tanggal 02 Februari-26 Februari 2016 di desa binaan BPK Dempet Kabupaten Demak.

3.2    Metode Pelaksanaan
     Medote pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan ini akan dilakukan dengan cara mengikuti kegitan budidaya tanaman kacang panjang di desa binaan Badan Penyuluhan Kecamatan (BPK) Dempet Kabupaten Demak, secara langsung agar dapat diketahui secara detail kegiatan budidaya secara benar.
1.    Metode Dasar
Metode yang digunakan dalam kegiatan Praktik Kerja Lapangan ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif menurut Suryana (2010), yaitu metode yang digunakan untuk mencari unsur-unsur, ciri-ciri suatu sifat fenomena. Metode ini dimulai dengan mengumpulkan data dan menginterprestasikannya. Pelaksanaanya dilakukan melalui: teknik survey, studi kasus studi komparatif, studi tentang waktu dan gerak, analisis tingkah laku dan analisis dokumenter. Berdasarkan pengumpulan data tersebut mahasiswa mendeskripsikan kondisi dan kegiatan selama Praktik Kerja Lapangan serta menggambarkan kegiatan budidaya di desa binaan Badan Penyuluhan Kecamatan (BPK) Dempet Kabupaten Demak.




2.    Metode Pengumpulan Data
a)    Observasi
Observasi secara langsung dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap kondisi di Lokasi Praktik Kerja Lapangan selama kegiatan praktik dilakukan, antara lain mengenai permasalahan yang dihadapi, solusi dalam pemecahan masalah tersebut dan hal-hal yang relevan dengan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut.
b)   Wawancara
Wawancara yaitu pengumpulan data yang dilakukan kepada narasumber melalui pertanyaan yang berkaitan dengan aspek yang dikaji.
c)    Tindakan
Tindakan yaitu mahasiswa secara aktif mengikuti kegiatan langsung pembudidayaan tanaman kacang panjang yang ada di desa binaan Badan Penyuluhan Kecamatan (BPK) Dempet Kabupaten Demak. Mahasiswa mengikuti semua aktifitas untuk mengetahui, memahami, dan mempraktikkan secara detail seluruh kegiatan dari hulu sampai hilir dari proses pengolahan lahan sampai pemeliharaan tanaman kacang panjang.
d)   Pencatatan
Mahasiswa melakukan pencatatan data yang berupa informasi yang berasal dari sumber-sumber yang relevan dan dapat dipercaya.
e)    Dokumentasi
Dokumentasi dilakukan dengan pengambilan gambar terhadap kegiatan yang dilakukan di desa binaan Badan Penyuluhan Kecamatan (BPK) Dempet Kabupaten Demak.



f)    Kajian Pustaka
Mahasiswa mengumpulkan data-data sumber pustaka atau penelitian terdahulu dengan tujuan menguatkan data Praktik Kerja Lapangan.
3.3    Jadwal Kegiatan
Kegiatan yang akan direncanakan dan dilaksanakan pada bulan Februari 2016. Adapun jadwal kegiatan sebagai berikut:
Tabel Jadwal Kegiatan Praktik Kerja Lapangan
No
JENIS KEGIATAN
WAKTU
1.
2.
3.
4.
5.
Survei Lapangan
Perijinan
Penyusunan proposal
Pelaksanaan
Penyusunan Laporan
02 November 2015
04 Januari-31 Januari
08 Desember-30 Januari 2016
02 Februari-26 Februari 2016
27 Februari-10 Maret 2016













DAFTAR PUSTAKA

Anto, A. (2013). Teknologi budidaya kacang panjang. Diakses Pada 28 Desember 2015, dari http://kalteng.litbang.pertanian.go.id
Ashari, S. (1995). Holtikultura aspek budidaya. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Gultom, A.G. (2012). Pengaruh pemberian ampas teh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang panjang (vigna sinensis l.). Diakses Pada 28 Desember 2015, dari http://digilib.unimed.ac.id.
Lingga, L. (2010). Cerdas memilih sayuran. Jakarta: PT Agro Media Pustaka.
Ronoprawiro, S. (1993). Produksi sayuran di daerah tropika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Suryana. (2010). Metodologi penelitian model praktis penelitian kuantitatif dan kualitatif. Diakses Pada 27 Januari 2015, dari http://file.upi.edu
Susilo, K.R., & Diennazola, R. (2012).  Bisnis tanaman sayur paling diminati pasar. Jakarta: PT Agro Media Pustaka.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar