Senin, 06 Maret 2017

BAB I TEKNIK BUDIDAYA TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna Sinensis L.) DI DESA BINAAN BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK

TEKNIK BUDIDAYA TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna Sinensis L.)
DI DESA BINAAN BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Praktik Kerja Lapangan






Oleh :
Qosim Nur Syekha
NIM : 134010208


PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS WAHID HASYIM
SEMARANG

2016

BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
        Kacang panjang ialah salah satu jenis sayuran dari kacang-kacangan dengan untaian yang lebih panjang. Sayur yang berwarna hijau muda hingga hijau tua ini biasanya dijadikan olahan makanan. Banyak manfaat dari kacang panjang bagi kesehatan tubuh, karena kaya akan kandungan vitamin, lemak, karbohidrat, protein, dan mineral sehingga dapat miningkatkan gizi masyarakat.
Kacang panjang merupakan salah satu sayuran pasar yang sangat diminati masyarakat dan tumbuh di daerah tropis. Ada yang bersifat merambat jika diberi lanjaran dan ada pula yang bersifat tegak atau tidak membutuhkan lanjaran untuk merambat karena buah terkumpul dekat dengan tanah. Untuk mendapatkan hasil yang optimum dalam budidaya kacang panjang maka harus memperhatikan tatacara penyiapan benih hingga pemanenan dengan baik dan benar.
Tanaman kacang panjang tergolong tanaman yang mudah beradaptasi dengan iklim, karena dapat tumbuh di musim kemarau ataupun musim hujan serta masa panennya yang relatif singkat dan tidak hanya sekali panen langsung habis tetapi dapat dipanen berkali kali. Kacang panjang juga termasuk tanaman holtikultura yang mudah ditanam, tidak begitu rumit dalam perawatannya, dan dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah.
Prospek pengembangan tanaman kacang panjang sangatlah cerah, permintaan produksi komoditas ini tidak hanya dari dalam negeri saja, tetepi permintaan dipasaran luar negeri juga tinggi. Hal ini jelas menuntut  adanya peningkatan kuantitas dan kualitas produksi  tanaman kacang panjang sesuai dengan semakin meningkatnya permintaan pasar.

Kebutuhan gizi ideal penduduk memerlukan konsumsi sayuran sekitar 1000 g/kapita/perhari. Apabila kontribusi kacang panjang dalam komposisi sayuran mencapai 10%, maka diperlukan sekitar 736.200 ton/tahun polong segar. Produksi kacang panjang tahun 2000 hanya mencapai 313.526 ton/tahun polong segar atau sekitar 41% dari total kebutuhan penduduk, sehingga produksi kacang panjang belum dapat memenuhi gizi yang ideal penduduk Indonesia (Gultom, 2012).
Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) merupakan salah satu instansi Pemerintah yang bertugas membangun pertanian, pendidik ataupun penasehat yang mengabdi untuk kepentingan para petani dan dilakukan dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan petani. Balai Penyuluhan Kecamatan Dempet terletak di sebelah selatan kantor Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, Jawa Tengah dengan mayoritas penduduk bekerja sebagai petani. Di desa binaan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, tanaman kacang panjang merupakan tanaman yang komoditasnya cukup besar walaupun masih dibawah padi, bawang, dan jagung.

1.2    Rumusan Masalah
1. Bagaimanakah penyiapan benih tanaman kacang yang baik di desa  binaan BPK Dempet Kabupaten Demak?
2.    Bagaimanakah penyiapan lahan tanaman kacang panjang yang  baikdi desa binaan BPK Dempet Kabupaten Demak?
3.    Bagaimanakah cara penanaman tanaman kacang panjang yang baik di desa binaan BPK Kecamatan Dempet Kabupaten Demak?
4.    Bagaimanakah cara pemeliharaan yang tanaman kacang panjang yang baik di desa binaan BPK Dempet Kabupaten Demak?
5.    Bagaimanakah cara pemanenan tanaman kacang panjang yang baik di desa binaan BPK Dempet Kabupaten Demak?


1.3    Tujuan Kegiatan Praktek Kerja Lapangan
1. Mengetahui bagaimana penyiapan benih tanaman kacang yang baik di desa binaan BPK Dempet Kabupaten Demak.
2.    Mengetahui bagaimana penyiapan lahan tanaman kacang panjang yang baik di desa binaan BPK Dempet Kabupaten Demak.
3.    Mengetahui bagaimana cara penanaman tanaman kacang panjang yang baik di desa binaan BPK Dempet Kabupaten Demak.
4.    Mengetahui bagaimana cara pemeliharaan yang tanaman kacang panjang yang baik di desa binaan BPK Dempet Kabupaten Demak.
5.    Mengetahui bagaimana cara pemanenan tanaman kacang panjang yang baik di desa binaan BPK Dempet Kabupaten Demak.

1.4    Manfaat Kegiatan Praktek Kerja Lapangan
1. Mahasiswa mengetahui teknik budidaya kacang panjang dari mulai penyiapan benih, penyiapan lahan, cara penanaman, cara pemeliharaan, hingga pemanenan di desa binaan BPK Dempet Kabupaten Demak.
2.    Menambah wawasan dan pengalaman untuk mahasiswa, sebagai modal dalam dunia bisnis.
3.    Hasil yang diperoleh dari Praktik Kerja Lapangan ini bisa dijadikan sebagai tambahan referensi dalam usaha budidaya tanamam kacang panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar