Rabu, 03 Mei 2017

FORMAT RPP 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                         SMP ....................(Nama SMP)        
Mata Pelajaran             :  Pendidikan Agama Islam
Kelas/ Semester          :  VII/............
Materi Pokok               :  .................................
Alokasi Waktu            :  ............ pertemuan (..... JP)

A.      Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
2.

3.

4.

5.


C.      Tujuan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
a.       
b.       
c.        

2.      Pertemuan 2
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
a.       
b.       

3.      Pertemuan 3
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
a.       
b.       
c.        

D.    Materi Pembelajaran
1.         Pertemuan 1
a.       
b.       
c.        

2.         Pertemuan 2
a.       

3.         Pertemuan 3
a.       
b.       

E.     Metode Pembelajaran
1.         Metode Ilmiah
2.         Model ..........................
3.         Model ..........................
4.         ........................................
5.         ........................................

F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
             1.          Media
a.  ................
b. ................
c.  ...............
             2.          Alat
                               a.      .................
                              b.      .................
                               c.      .................
             3.          Sumber Belajar
a.      Muhammad Ahsan dkk. 2013. Pendidikan Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs kelas VII. Jakarta: ESIS Erlangga.
b.      Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.       .................
d.     .................

G.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran           
1.      Pertemuan 1
                       a.     Pendahuluan  (15 menit) .......... (contoh)
1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)        Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)        Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4)        Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pembelajaran.
5)        Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6)        Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.
7)        Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

                      b.     Kegiatan inti (90 menit)
1)      Mengamati:
a)       
b)      
c)       
d)      

2)      Menanya:
a)       
b)      

3)      Mengumpulkan informasi (mengeksplorasi):
a)       
b)      

4)      Mengasosiasi:
a)       
b)      

5)      Mengkomunikasikan:
a)    
b)   

                       c.     Penutup (15 menit) ................ (contoh)
                                    1)     Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
                                    2)     Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                                    3)     Guru memberikan reward kepada “kelompok peserta didik terbaik”.
                                    4)     Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    5)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    6)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

2.    Pertemuan 2
                           a.     Pendahuluan (15 menit ) .............. (contoh)
1)   Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)   Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surahzayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)   Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4)   Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pembelajaran.
5)   Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6)   Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.
7)   Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

                      b.     Kegiatan inti (90 menit)
1)      Mengamati:
a)       
b)      

2)      Menanya:
a)       
b)      

3)      Mengumpulkan informasi (Mengeksplorasi):
a)       
b)      

4)      Mengasosiasi:
a)       
b)      

5)      Mengkomunikasikan:
a)       
b)      

c.   Penutup (15 menit) .............. (contoh)
                                    1)     Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
                                    2)     Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                                    3)     Guru memberikan reward kepada “peserta didik terbaik”.
                                    4)     Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    5)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    6)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

3.    Pertemuan 3
                       a.        Pendahuluan  (15 menit) ............... (contoh)
1)      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)   Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surahzayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)   Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4)   Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pembelajaran.
5)   Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6)   Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.
7)   Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

                      b.        Kegiatan inti (90 menit)
1)    Mengamati:
a)       
b)      

2)         Menanya:
a)       
b)      
c)       

3)         Mengumpulkan informasi (Mengeksplorasi):
a)       
b)      
c)       

4)         Mengasosiasi:
a)       
b)      
c)       
d)      

5)   Mengkomunikasikan:
a)       
b)      
c)       

                      b.          Penutup (15 menit) ............... (contoh)
                             1)            Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
                                    2)     Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                                    3)     Guru memberikan reward kepada “peserta didik terbaik”.
                                    4)     Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    5)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    6)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

H.      Penilaian ................... (contoh dan bisa dibuat yang lain)
1.    Sikap
                           a.     Teknik Penilaian           : Observasi
                           b.     Bentuk Instrumen         : Lembar Observasi
                            c.     Instrumen                       :


No

Aspek Pengamatan
selalu
sering
jarang
tidak pernah
skor 4
skor 3
skor 2
skor 1
1





2





3





4





5






Pedoman penskoran :  Skor yang diperoleh
                                                            -----------------------------  X  100  =   ---------   
Skor maksimal
2.    Pengetahuan
                           a.     Teknik Penilaian           : Tes tertulis
                           b.     Bentuk Instrumen         : Isian
                            c.     Instrumen                       :
1.        
2.        
3.        
4.        
5.        

Pedoman penskoran :  ...............

3.    Keterampilan ..................... (contoh keterampilan membaca atau menghafal, dan bisa dibuat yang lain)
                           a.     Teknik Penilaian           : Performance/Praktik
                           b.     Bentuk Instrumen         : Lembar Observasi
                            c.     Instrumen                       :
1)        QS. ......... ayat ..............:
2)        QS. ......... ayat ..............:

Aspek yang dinilai
Indikator kemampuan
Nilai
Paraf Guru
·  Kelancaran dalam membaca ayat Al-Qur’an dan hadits
·  Tajwid
·  Makhraj
·   Membaca dengan lancar
·   Tidak melakukan kesalahan tajwid dan makhraj
100

·   Membaca dengan lancar
·   Melakukan 1-5 kesalahan tajwid dan makhraj
90

·   Melakukan 6-10 kesalahan tajwid dan mahraj
80

·   Melakukan 11-15 kesalahan tajwid dan makhraj
70

·   Melakukan 16-20 kesalahan tajwid dan makhraj
60

·   Melakukan  lebih dari 20 kesalahan tajwid dan makhraj
50


                                                                                                ................, ...............................
Mengetahui                                                                           Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,                                                                   PAI dan Budi Pekerti,                                                                    


______________________                                                    ______________________
NIP. ...                                                                                    NIP. ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar