Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMP ....................(Nama SMP)
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas/ Semester : VII/............
Materi Pokok :
.................................
Alokasi Waktu : ............
pertemuan (..... JP)
A. Kompetensi
Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
||
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan
dapat:
a.
b.
c.
2. Pertemuan 2
Setelah
mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
a.
b.
3. Pertemuan 3
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan
dapat:
a.
b.
c.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Pertemuan
1
a.
b.
c.
2.
Pertemuan
2
a.
3.
Pertemuan
3
a.
b.
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode
Ilmiah
2.
Model ..........................
3.
Model ..........................
4.
........................................
5.
........................................
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a. ................
b. ................
c. ...............
2.
Alat
a.
.................
b.
.................
c.
.................
3.
Sumber Belajar
a.
Muhammad
Ahsan dkk. 2013. Pendidikan Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs kelas VII. Jakarta:
ESIS Erlangga.
b.
Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.
.................
d.
.................
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
a. Pendahuluan (15
menit) .......... (contoh)
1)
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat.
2)
Guru
memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang
peserta didik.
3)
Guru
memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4)
Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi pembelajaran.
5)
Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6)
Guru
mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.
7)
Menyampaikan
tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
b. Kegiatan inti (90 menit)
1)
Mengamati:
a)
b)
c)
d)
2)
Menanya:
a)
b)
3)
Mengumpulkan
informasi (mengeksplorasi):
a)
b)
4)
Mengasosiasi:
a)
b)
5)
Mengkomunikasikan:
a)
b)
c. Penutup (15 menit) ................ (contoh)
1) Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik
selama proses pembelajaran.
2) Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3) Guru memberikan reward kepada “kelompok peserta
didik terbaik”.
4) Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
5) Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik
berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
6) Guru bersama-sama para peserta didik
menutup pelajaran dengan berdoa.
2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan (15 menit ) .............. (contoh)
1) Guru membuka pembelajaran dengan
salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh
khidmat.
2) Guru memulai pembelajaran dengan
pembacaan al-Quran surahzayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang
peserta didik.
3) Guru memperhatikan kesiapan diri
peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian
pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4)
Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi pembelajaran.
5)
Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6) Guru mengkondisikan peserta didik
untuk duduk secara berkelompok.
7) Menyampaikan tahapan kegiatan yang
akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
b. Kegiatan
inti (90 menit)
1)
Mengamati:
a)
b)
2)
Menanya:
a)
b)
3)
Mengumpulkan
informasi (Mengeksplorasi):
a)
b)
4)
Mengasosiasi:
a)
b)
5)
Mengkomunikasikan:
a)
b)
c. Penutup (15 menit) .............. (contoh)
1) Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik
selama proses pembelajaran.
2) Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3) Guru memberikan reward kepada “peserta didik
terbaik”.
4) Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
5) Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik
berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
6) Guru bersama-sama para peserta didik
menutup pelajaran dengan berdoa.
3. Pertemuan 3
a.
Pendahuluan (15 menit) ............... (contoh)
1) Guru membuka pembelajaran dengan
salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh
khidmat.
2) Guru memulai pembelajaran dengan
pembacaan al-Quran surahzayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang
peserta didik.
3) Guru memperhatikan kesiapan diri
peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian
pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4)
Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi pembelajaran.
5)
Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6) Guru mengkondisikan peserta didik
untuk duduk secara berkelompok.
7) Menyampaikan tahapan kegiatan yang
akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
b.
Kegiatan inti (90 menit)
1) Mengamati:
a)
b)
2)
Menanya:
a)
b)
c)
3)
Mengumpulkan
informasi (Mengeksplorasi):
a)
b)
c)
4)
Mengasosiasi:
a)
b)
c)
d)
5) Mengkomunikasikan:
a)
b)
c)
b.
Penutup (15 menit)
............... (contoh)
1)
Guru melakukan post test
terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
2) Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3) Guru memberikan reward kepada “peserta didik
terbaik”.
4) Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
5) Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik
berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
6) Guru bersama-sama para peserta didik
menutup pelajaran dengan berdoa.
1.
Sikap
a. Teknik
Penilaian : Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
c. Instrumen
:
No
|
Aspek
Pengamatan
|
selalu
|
sering
|
jarang
|
tidak pernah
|
skor 4
|
skor 3
|
skor 2
|
skor 1
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Pedoman penskoran
: Skor yang diperoleh
-----------------------------
X 100
= ---------
Skor maksimal
2.
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian : Tes tertulis
b. Bentuk
Instrumen : Isian
c. Instrumen :
1.
2.
3.
4.
5.
Pedoman penskoran
: ...............
3.
Keterampilan
..................... (contoh keterampilan membaca atau menghafal, dan bisa
dibuat yang lain)
a. Teknik
Penilaian : Performance/Praktik
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
c. Instrumen :
1)
QS. ......... ayat ..............:
2)
QS. ......... ayat ..............:
Aspek yang dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
Paraf Guru
|
· Kelancaran dalam
membaca ayat Al-Qur’an dan hadits
· Tajwid
· Makhraj
|
· Membaca dengan
lancar
· Tidak melakukan
kesalahan tajwid dan makhraj
|
100
|
|
· Membaca dengan
lancar
· Melakukan 1-5
kesalahan tajwid dan makhraj
|
90
|
|
|
· Melakukan 6-10
kesalahan tajwid dan mahraj
|
80
|
|
|
· Melakukan 11-15
kesalahan tajwid dan makhraj
|
70
|
|
|
· Melakukan 16-20
kesalahan tajwid dan makhraj
|
60
|
|
|
· Melakukan lebih dari 20 kesalahan tajwid dan makhraj
|
50
|
|
................, ...............................
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
______________________ ______________________
NIP.
... NIP.
...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar